December 13, 2016

Unsur Gizi Serta Keistimewaan Buah Pisang Bagi Manusia

Tags

Gizi Buah Pisang

Unsur gizi buah pisang :: Sebagian besar masyarakat terutama yang tinggal di Indonesia pasti sudah merasakan serta sudah mengenal buah pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang sangat populer dikalangan masyarakat. Rasa yang manis dan tampilan yang menarik menjadikan buah ini selalu ada di setiap acara yang diselenggarakan masyarakat, baik itu pesta pernikahan, jamuan makan, serta kegiatan lain-lainnya.

Pisang merupakan tumbuhan buah yang sangat cocok tumbuh diarea beriklim tropis, lembab, panas, dengan intensitas hujan stabil setiap tahun. Sebab karena itu, buah ini sangat berlimpah terutama diIndonesia.

Klasifikasi serta unsur pisang

Klasifikasi Tumbuhan Pisang
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Musales
  • Famili : Musaceae
  • Genus : Musa

Unsur gizi dalam buah pisang

Buah pisang mengandung banyak zat yang berguna bagi tubuh sehingga memasukan buah pisang dalam kelompok tumbuhan untuk pengobatan adalah sangat tepat. Unsur-unsur yang terkandung dalam buah pisang antara lain vitamin, karbohidrat, serta mineral. Menurut pada artikel yang diposting self.com. Dalam satu buah pisang seberat 225g, terkandung 200 kalori yang merupakan sumber energi untuk tubuh, Terdapat juga kandungan serat sebanyak 6gram. Kandungan serat sebanyak ini dapat memenuhi 23% kebutuhan tubuh akan serat harian.

Vitamin dalam buah pisang didominasi oleh vitamin C, perlu diketahui, dengan mengkonsumsi satu buah pisang seberat 225g tersebut, kebutuhan tubuh akan vitamin C akan terpenuhi sebesar 33%. Vitamin lainnya yang terkandung dalam buah pisang adalah B6 sebesar 0,5mg / 100 mg. Vitamin B6 berguna sebagai koenzim sejumlah proses yang terjadi dalam metabolisme tubuh serta juga sistesis protein terutama serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter dalam otak. Zat ini mempunyai khasiat untuk memberikan suasana tenang hati anda. Vitamin serta zat lainnya yaitu Vitamin A, pantothenic acid, folat, serta niasin.

Selain kandungan vitamin serta unsur zat yang disebutkan diatas, buah pisang juga mengandung kalium yang tinggi serta sejumlah mineral, kalsium, magnesium, serta zat besi. kandungan mineral (terutama seng) dari buah pisang mempunyai sifat mudah diserap tubuh dibandingkan dengan mineral yang terkandung dalam buah lainnya. Kandungan mineral seperti zat besi dan seng dalam buah pisang juga lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya, seperti buah apel yang memang memiliki kandungan kedua zat ini dalam jumlah besar.

Tabel perbandingan kandungan zat besi dan seng antara buah pisang dan apel :

Unsur Gizi Buah Pisang

Dalam hal kegunaannya, buah pisang terbagi dalam empat jenis :
  1. Pisang untuk dikonsumsi tanpa menunggu buah masak, yaitu M.nana atau M.Cavendishii, M.Paradisiaca Var Sapientum, dan M.Sinensis. contoh : Pisang lampung, raja, mas, sereh, ambon, susu, uli.
  2. Pisang untuk dikonsumsi setelah buah matang. Yaitu M.Paradisiaca normalis atau nama lengkapnya juga M.paradisiaca forma typicaatau, contoh dari pisang jenis ini yaitu : pisang kepok, nangka, tanduk, kapas.
  3. Pisang yang terdapat biji dalam buahnya yaitu M.brachycarpa. contoh psang jenis ini yaitu pisang klutuk dan batu.
  4. Pisang yang digunakan untuk diambil seratnya, contohnya pisang manila.

Sekian ulasan tentang unsur gizi buah pisang, semoga berguna untuk menambah pengetahuan anda tentang tumbuhan untuk pengobatan.

sumber :
  •  id.wikipedia.org/wiki/pisang
  • warintek.ristek.go.id/pertanian/pisang.pdf


EmoticonEmoticon