December 20, 2016

Rahasia Akar Manis Untuk Kesehatan Tubuh Serta Kuliner

Tags

Rahasia Akar Manis

Rahasia akar manis untuk kesehatan serta kuliner :: Akar manis merupakan jenis tumbuhan polong-polongan. Tumbuhan yang dalam bahasa yunani kuno disebut " Liquorice " ini diperkirakan berasal dari eropa bagian selatan serta bagian asia.

Akar manis bisa tumbuh cukup baik didaerah tanah yang dalam, subur, mengandung cukup air serta banyak sinar matahari. Lama panen berkisar antara 2 hingga 3 tahun setelah penanaman.

Ciri-ciri umum tumbuhan akar manis antara lain :

  1. Pohon berbentuk terna dengan kemampuan berkembang bisa mencapai satu meter tingginya.
  2. Daun tumbuh menyerupai sayap (Pinnate) serta ukuran panjang berkisar 7-15cm. Daun ini tersusun pada satu cabang 9-17 helai.
  3. Bagian bunga tumbuh berkelompok pada satu cabang (inflorescen). Bunga mempunyai warna keunguan mendekati putih kebiru-biruan, panjang bunga 0,8-1,2cm.
  4. Buah akar wangi berpolong berbentuk panjang sekitar 2-3cm, buah mempunyai biji.
Klasifikasi dari tumbuhan akar manis

Rahasia Akar Manis

Khasiat akar manis

Khasiat akar manis dapat digunakan dalam dunia kuliner atau pengobatan. Pemanfaatan akar manis digunakan dengan mencampurkan langsung akar manis kedalam masakan atau dengan cara mengambil ekstrak pada bagian akar. Caranya yaitu dengan merebus akar dari tumbuhan akar manis lalu menguapkan airnya.


Bagian akar mempunyai unsur yang disebut Glycyrhizin, ciri khas dari unsur ini yaitu mempunyai rasa manis. Dimana tingkat kemanisannya diklaim  50x lebih manis dari gula.

Pada dunia kuliner , penggunaan ekstrak akar manis yaitu digunakan untuk bahan pembuatan permen untuk pelega tenggorokan. Penggunaan akar manis sebagai  tumbuhan pengobatan yaitu untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Max planck ( institute berlin jerman) menemukan bahwa akar manis mempunyai zat anti diabetes, unsur ini disebut amorfrutin. Selain itu, unsur ini juga memiliki fungsi anti inflamasi serta bisa ditoleransi sangat baik bagi tubuh manusia.

Sekian ulasan singkat tentang rahasia akar manis untuk kesehatan serta kuliner, semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya.


EmoticonEmoticon