December 14, 2016

Akibat Konsumsi Buah Pisang Bagi Kesehatan

Tags

Pisang Bagi Kesehatan

Akibat konsumsi buah pisang bagi kesehatan :: Artikel kali ini akan membahas tentang akibat apa saja yang bisa kita peroleh bila konsumsi buah pisang secara rutin dan teratur.

Akibat buah pisang bagi tubuh

Dibawah ini merupakan beberapa akibat buah pisang bagi kesehatan tubuh yang saya peroleh dari berbagai sumber :

1. Bisa meningkatkan konsentrasi.
Unsur kalsium  yang terdapat pada buah pisang bisa membantu meningkatkan konsentrasi, sebab itu buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi  bagi anda yang bermasalah dengan konsentrasi.

2. Cocok dikonsumsi bagi ibu hamil
Asam folat yang terdapat di buah pisang , bersifat mudah diserap oleh janin melalui rahim. Sebab itu mengkonsumsi buah pisang sangat baik bagi ibu hamil, tapi tentunya dengan sesuai kebutuhan tubuh dan janin.

3. memelihara kesehatan saluran pencernaan
Serat serta karbohidrat pada buah pisang bisa membantu mengatur sistem saluran pencernaan tubuh, serta membantu mengontrol gerakan usus supaya tetap teratur. Selain itu, pektin yang terkandung didalamnya bisa meningkatkan sistem kerja pencernaan secara keseluruhan serta mencegah sembelit.

4. Mencegah stress.
Mengkonsumsi buah pisang bila teratur bisa membantu menyeimbangkan kadar potasium dalam tubuh. Kadar potasium yang cukup bisa memberikan ketenangan pikiran serta menghindari diri dari stress.

5. Meningkatkan fungsi ginjal
Potasium didalam buah pisang juga bisa menghasilkan efek positif pada ginjal. Dengan cukupnya kandungan potasium dalam tubuh. maka bisa memudahkan tubuh untuk mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin, sehingga kondisi ini bisa melindungi ginjal tetap baik. Selain itu, unsur senyawa fenolik antioksidan pada buah pisang sangat cukup tinggi. Senyawa ini membantu melindungi kesehatan ginjal.

6. Memperkuat tulang
Unsur prebiotik pada buah pisang yang disebut fructooligosaccharide bisa membantu tubuh untuk menyerap nutrisi terutama kalsium secara lebih mudah. Dengan banyaknya kalsium yang tersrap tubuh, maka kebutuhan tulang akan kalsium bisa tercukupi, sehingga resiko tulang trserang osteoporosis akibat kekurangan kalsium bisa dihindari.

7. Menurunkan resiko tekanan darah tinggi.
Kadar kalium tinggi dan unsur sodium rendah. Maka menjadikan buah pisang cocok untuk dikonsumsi untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi serta stroke.

8. Memelihara kesehatan mata.
Unsur vitamin A bisa menjaga kesehatan mata. selain itu, buah pisang kaya akan kalium, kalium bisa membantu menjaga mata kering dengan mengontrol keseimbangan natrium dalam mata dan juga pelepasan cairan.

9. Mencegah kulit kering.
Vitamin A serta kalium pada buah pisang  juga berguna untuk melindungi kelembaban kul
it serta membantu menghindarkan kulit kering.

10. Sebagai sumber tenaga.
Unsur gula dalam buah pisang bersifat mudah larut sehingga bisa dengan mudah diserap tubuh serta diubah menjadi glukosa yang akhirnya akan diproses menjadi sumber energi tubuh. sebab itu buah pisang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pekerja berat ataupun para atlit untuk mengganti energi setelah beraktivitas.

11. Mencegah anemia.
Tingginya unsur zat besi pada pisang, menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi terutama bagi anda yang terserang anemia. Dengan unsur zat besi ini, dapat membantu fungsi hemoglobin dalam tubuh menjadi stabil serta mengembalikan tekanan darah dalam keadaan normal.

12. Meredakan nyeri pada haid.
Vitamin B6 pada buah pisang bisa berguna dalam menghilangkan rasa sakit saat haid

13. Mengurangi efek nikotin pada tubuh.
Bagi anda yang berkeinginan berhenti merokok, diharuskan untuk mengkonsumsi buah pisang, karena unsur B6 dan B15 pada buah pisang bisa membantu mengurangi efek nikotin dalam tubuh.

Sekian ulasan singkat tentang akibat konsumsi buah pisang bagi kesehatan, semoga bermanfaat bagi anda semua.


EmoticonEmoticon