December 21, 2016

Khasiat Serta Ciri Umum Tumbuhan Jintan Hitam "Habbatussauda"

Tags

Jintan Hitam

Khasiat serta ciri umum jintan hitam "Habbatussauda" :: Tumbuhan jintan hitam dalam bahasa arab disebut Habbatussauda merupakan salah satu tumbuhan yang mempunyai khasiat baik untuk rempah dapur atau sebagai tumbuhan pengobatan.

Jintan hitam tergolong dalam genus sativa dan famili ranunculaceae. Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini mempunyai ciri khas yaitu biji yang berwarna hitam. Bagian ini banyak digunakan untuk bahan rempah.

Klasifikasi Serta Ciri Umum Jintan Htam

Klasifikasi Jintan Hitam / Nigela Sativa
  • Kingdom : Plantae
  • Divisio : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Ordo : Ranunculales
  • Family : Ranunculaceae
  • Genus : Nigella
  • Species : Nigella sativa
Ciri Umum Jintan Hitam :
    Jintan Hitam
  1. Tinggi pohon sekitar 20-50cm, batang tegak, berkayu membentuk bulat menusuk.
  2. Bentuk daun bulat telur dengan ujung meruncing, bercabang, serta bergaris (bentuk garis daun tidak seperti genus sativa pada umumnya, garis pada daun jintan hitam tidak seperti benang), permukaan daun tumbuh bulu-bulu halus, posisi daun tersebar atau berhadapan.
  3. Bunga jintan hitam mempunyai bentuk yang beraturan, warna bunga biru pucat atau putih, mempunyai  5-10 mahkota.
  4. Buah jintan hitam mempunyai tekstur yang keras, besar, mengembung, berisi 3-7 unit folikel, setiap folikel mengandung biji atau benih yang sering digunakan sebagai bahan rempah : Rasa pahit serta aroma menyerupai buah strowbery.
  5. Unsur-unsur yang terdapat pada biji jintan hitam antara lain minyak atsiri, minyak lemak, d-limonena, simena, glukosida, saponin, zat pahit, jigelin, nigelon, serta timokonon.

Khasiat jintann hitam Habbatussauda untuk kesehatan

Penggunaan jintan hitam pada bagian bijinya untuk bahan ramuan kesehatan diperkirakan pada abad 2000-3000 sebelum masehi. Salah satu ahli pengobatan asal yunani yang bernama Dioscoredes telah mencatat sejumlah  khasiat habbatussauda untuk pengobatan penyakit ringan seperti sakit kepala serta saluran pernapasan.

Seiring berkembangnya tentang ilmu pengobatan, banyak khasiat jintan hitam lainnnya ditemukan. Pada tahun 1986 Dr. Ahmad Al Qadhy dari hasil penelitiannya menemukan bahwa jintan hitam dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus, kuman, serta bakteri. Selanjutnya dari penelitian yang dilakukan oleh Prof.G.Reitmuller, yang pada itu menjabat sebagai direktur institute Immonologi Universitas Munich, menemukan bahwa pada biji jintan hitam terdapat asam linoleat (omega 6) serta asam linolenat (omega 3). Kedua unsur tersebut bisa membantu meningkatkan fungsi kerja otak, seperti menambah kecerdasan. Memperkuat daya ingat, relativitas sel otak untuk memperlambat pikun, serta membantu mempelancari peredaran darah pada sel otak.

Beberapa khasiat jintan hitam lainnya yaitu bisa mengobati penyakit asma serta alergi, sebagai sumber gizi, mengobati penyakit kanker, mengobati gangguan pada alat pencernaan tubuh, mengobati radang, serta melancarkan ASI bagi ibu menyusui.

Sekian ulasan singkat tentang khasiat serta ciri umum jintan hitam "Habbatussauda", semoga berguna bagi anda sekalian.



EmoticonEmoticon