December 03, 2016

Rahasia Khasiat Dari Kulit Pisang

Tags

Kulit Pisang


Rahasia dari kulit pisang :: saya rasa sebagian besar dari anda semua masih banyak yang belum mengetahui rasa dari kulit pisang. Memang bagian pembungkus dari daging buah pisang ini sering kali hanya menjadi sampah dikarenakan rasanya yang tidak enak. Tapi siapa sangka, ternyata bagian ini mengandung sejumlah unsur kimia yang tidak kalah bergunanya untuk tubuh manusia.

Kandungan unsur gizi dalam kulit pisang cukup lengkap, antara lain seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, beberapa vitamin seperti B dan C, serta air. Kesemua unsur ini dapat berguna sebagai sumber energi, juga antibodi untuk tubuh manusia.

Unsur kimia kulit pisang

Kulit pisang mengandung air dalam jumlah besar yaitu mencapai 68,90%, unsur kedua yang terkandung cukup besar dalam kulit pisang yaitu karbohidrat sebesar 18,50%. Sisanya terdiri dari protein, zat besi dan unsur lainnya. Dibawah ini adalah komposisi lengkap unsur kimia dalam 100g kulit pisang :


Kulit Pisang

Khasiat Kulit Pisang Untuk Tubuh.

Dengan kandungan kulit pisang yang disebutkan diatas, tidak salah bila kulit pisang juga dapat memberikan sejumlah khasiat untuk tubuh. Dibawah ini adalah beberapa khasiat kulit pisang yang bisa anda maksimalkan :
  1. Dapat meningkatkan kadar serotonin, seretonin merupakan neurotransmitter monoamina yang terutama ditemukan pada gastrointestinal (GI) saluran dan system saraf pusat (SSP). Fungsi dari serotonin ini adalah untuk mengatur kerja usus, serta untuk regulasi suasana hati, selera makan, tidur, kontraksi otot dan sebagainya.
  2. Baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan melindunginya dari katarak.
  3. Dapat bersifat sebagai antioksidan alami.
  4. Mengurangi resiko degenerasi makula.
  5. Dapat memurnikan air serta logam berat dalam tubuh.
  6. Membantu meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan luka.
  7. Mengatasi gatal pada kulit akibat gigitan nyamuk.
  8. Dapat menghaluskan kulit.
  9. Dapat digunakan untuk mengobati kutil.
  10. Kulit pisang dapat menyembuhkan sakit kepala, caranya dengan menumbuk kulit pisang lalu menempelkannya pada bagian dahi.

Sekian ulasan singkat mengenai rahasia dari kulit pisang, semoga bermanfaat bagi anda sekalian.

Degenerasi makula = keadaan/kondisi medis dimana biasanya mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua yang mengakibatkan hilangnya penglihatan ditengah lapangan visual (makula) karena kerusakan retina.


EmoticonEmoticon