December 22, 2016

Keistimewaan Tumbuhan Ajeran Atau Jintan

Tags

Tumbuhan Ajeran Atau Jintan

Tumbuhan ajeran atau jintan :: Coleus amboinicus. Lour merupakan suatu tumbuhan untuk pengobatan yang masuk tergolong dalam jenis rumput-rumputan. Jintan diwilayah sunda disebut dengan nama ajeran mempunyai nama jenis berbeda untuk setiap wilayahnya seperti golong (Flores), daun jintan (Jawa), iwak (Bali), kuwueta (Timor), serta majanereng (Madura).

Tumbuhan jintan termasuk dalam tumbuhan jenis famili Labiatae, mempunyai dua jenis varietas yaitu jintan hitam serta jintan putih.

Tumbuhan jintan mempunyai ciri khas yaitu :

  • Berkembang diwilayah ketinggian 100 meter diatas permukaan laut.
  • Batangnya serta tangkainya berkayu, lunak, mengandung kandungan air.
  • Daunnya seperti bed pingpong, pada tepi daun bergerigi, mempunyai aroma tersendiri, bagian ini banyak digunakan sebagai pengobatan.
Membudidayakan tumbuhan jintan bisa dilakukan melalui biji atau cara di stek. Tempat penanamannya dapat dilakukan dalam pot atau bisa langsung ditanam di tanah perkarangan. Keadaan tanah yang mempunyai kandungan air yang cukup serta tidak terlalu banyak mendapatkan sinar matahari merupakan tempat terbaik dalam perkembangan tumbuhan jintan.

Khasiat Tumbuhan Jintan

Tumbuhan AjeranTumbuhan jintan mempunyai unsur kimia Phytosterin-B, unsur ini mempunyai rasa pahit, agak dingin. Unsur kimia ini bisa berguna untuk mengatasi panas / demam, radang, melancarkan peredaran darah pada tubuh, dan mengatasi pada pendarahan.

Bagian tumbuhan yang sering digunakan adalah biji, baik sebagai bahan rempah daput serta untuk pengobatan. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan jintan yaitu sakit kepala, asma, serta batuk, borok, perut kembung, dan demam.

Sekian ulasan tentang tumbuhan ajeran atau jintan,  semoga bisa berguna bagi anda yang membacanya.



EmoticonEmoticon